Info terkini

Kemenaker Luncurkan Aplikasi SIPMI,Untuk Mengupayakan Perlindungan Kepada BMI Diseluruh Dunia

Peluncuran Aplikasi SIPMI Oleh Kemenaker


Upaya Pemerintah untuk meningkatkan pelayanan dan perlindungan terhadap pekerja migran indonesia diseluruh dunia sudah bisa dirasakan dan digunakan dimanapun dan kapanpun.

SIPMI adalah ( System Informasi Pekerja Migran Indonesia) yang mana berbentuk aplikasi yang berbasis android dan ios yang bisa diunduh di playstore maupun appstore.

Menaker mengungkapkan,aplikasi ini mudah diakses dan mudah digunakan untuk semua orang terutama PMI,calon pekerja migran,purna pekerja migran,pemerintah baik didalam maupun diluar negri.

SIPMI merupakan platform yang berbasis komunitas
dimana dunia yang terkait dengan pekerja migran bisa terintegrasi langsung melalui sebuah platform berbasis digital,” ujar Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri saat memberikan sambutan pada peluncuran alpikasi SIPMI, di kantor Kemnaker RI, Jakarta Selatan, Kamis (27/12/2018). 

Platform ini bisa menjadi sumber informasi yang komunikatif dari pemerintah untuk PMI.


”Sebagai platform berbasis komunitas SIPMI menyediakan beberapa fasilitas seperti personal chatting, group cahtting, dan bisa juga dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan keluarga.Terkait regulasi, tata cara dan proses migrasi ke luar negeri, keadaan negara tujuan migrasi dan lain sebagainya,” papar Hanif. 

Menurut menteri ketenagakerjaan M.Hanif Dhakiri,
Aplikasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendekatkan diri kepada stakeholder terkait migrasi terutama PMI. SIPMI juga dilengkapi dengan tombol panik agar jika dalam kondisi membutuhkan bantuan dengan menekan tombol ini pekerja migran terkdekat akan mendapat notifikasi. 

SIPMI juga bisa digunakan oleh PMI unprocedural sehingga pemeritah bisa memonitor dan mendorong mereka agar menjadi TKI prosedural. SIPMI merupakan salah satu wujud konkret kehadiran negara dalam meningkatkan pelayanan dan perlindungan bagi PMI yang sudah berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia.

SIPMI memiliki 3 prioritas utama :

Pertama,
menunjang kebutuhan pekerja migran Indonesia untuk berkomunikasi secara personal maupun mengelola aktivitas group, seperti personal chatting, group chatting, get and share location, baik dengan sesama pekerja migran maupun dengan keluarganya.

Kedua,
 menunjang informasi yang dibutuhkan para pekerja migran baik dari sesama pekerja migran maupun dari Pemerintah.  

Ketiga,
 menunjang informasi yang dibutuhkan para pekerja migran baik dari sesama pekerja migran maupun dari Pemerintah.  

Sementara Dirjen Binapenta dan PKK Maruli A Hasoloan mengungkapkan melalui SIPMI ini juga dirancang untuk menjawab kebutuhan PMI akan adanya sebuah sistem terpadu, yang memudahkan PMI untuk mengakses layanan prosedural dan informasi resmi pemerintah. 

“Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi dan berkomunikasi, baik dengan sesama PMI, keluarga, maupun dengan komunitas PMI yang ada di negara tempat mereka bekerja,” ujarnya.

Biro Humas Kemnaker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s